Please wait...

Kelaianan Bawaan Lahir Ada Kalanya Tak Diketahui Sebabnya Tapi Bisa Dicegah

November 14, 2019 by Marketing RSOT Surabaya
cover-2-1200x900.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Hati orang tua mana yang tak sedih melihat anaknya terlahir dengan kondisi berbeda dari anak-anak lainnya. Namun, dengan penanganan yang tepat dan sedini mungkin kita bisa mengembalikan harapan dan masa depan mereka.

Secara harfiah, kelainan bawaan lahir (kongenital) adalah suatu kelainan yang dapat diamati dari sistem tubuh, tulang, dan sendi pada anak yang sudah tampak sejak lahir, baik kelainan bentuk maupun kelainan fungsi. Mulai dari kaki O, Achondroplasia (kerdil), tulang belakang yang tidak sempurna, bibir sumbing, down syndrome, dll.

Kelainan ini timbul sejak berada di kandungan ibu. Penyebabnya secara garis besar dapat dibagi menjadi dua: Intrinsik atau yang berasal dari dalam tubuh ibu atau an ak ketika masih dalam kandungan. Yang kedua adalah ekstrinsik yaitu hal – hal yang berada di luar tubuh ibu dan bayi saat di kandungan. Misal: benturan, efek zat atau virus yang berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi saat hamil, dll.

Untuk faktor intrinsic, dapat disebabkan faktor genetic dan kelainan karena kromosom atau pengatur gen yang rusak. Menurut drokter orthopedic di RS Orthopedi & Traumatologi Surabaya, dr. Anggitadewei, Sp.OT, Biasanya ada bakat yang diturunkan meskipun bukan dari keluarga atau orangtua langsung, tetapi kebanyakan yang terjadi adalah mutasi kromosom yang acak dan menyebabkan perubahan fungsi dan bentuk kromosom pada anak yang berada di kandungan. Padahal, keluarganya tidak ada yang mempunyai riwayat kelainan. Hal ini tidak bisa dideteksi dan tidak bisa dicegah.

Meski pada beberapa kasus kelainan kongenital ini tidak diketahui penyebabnya (idiopatik), orangtua dapat melakukan tindakan prefentif dengan mencukupi semua gizi untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kelainan kongenital.

Salah satu kelainan kongenital yang cukup banyak dijumpai adalah club foot atau Congenital Talipes Wquino Varus (CTEV) atau kaki O. Yakni sebuah keadaan dimana kaki anak seperti terpuntir masuk ke dalam dkan menyerupai stik golf dan secara garis besar tampak menyerupai huruf O. Beberapa kasus diduga karena posisi bayi saat berada di dalam kandungan, jumlah air ketuban yang kurang, atau tubuh ibu yang relative kecil namun bayinya cukup besar. Ada juga yang semuanya normal tapi anak terlahir dengan kelainan kongenital. Itu termasuk idiopatik atau tidak diketahui penyebabnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Copyright by Surabaya Orthopedi 2018

WhatsApp Live Chat