Please wait...

SAKIT DI TUMIT SETELAH LARI? TEMUKAN PENYEBAB DAN CARA MENGATASINYA

plantar_fasciitis-3.width-800.jpg

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang bisa memberikan segudang manfaaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, di era pandemi ini Olahraga menjadi solusi favorit di kalangan masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Ada berbagai macam olahraga yang dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mulai olahraga tanpa alat sampai dengan yang menggunakan alat seperti di area fitness. Nah, dari sekian banyak jenis olahraga itu, yang paling banyak digemari adalah berlari. Selain mudah dilakukan, olahraga ini tidak memerlukan uang sepeserpun. Namun, ada yang perlu diwaspadai ketika Anda berlari. Pernahkah Anda merasakan nyeri di tumit setelah berlari?

Sebagian orang menganggap rasa nyeri di tumit setelah berlari disebabkan karena kelelahan. Akan tetapi, Anda juga harus berhati-hati, karena nyeri tumit setelah berlari bisa jadi merupakan pertanda adanya gangguan kesehatan / kelainan fisik pada anggota tubuh Anda. Biasanya, kondisi ini berhubungan dengan gangguan Plantar Fasciitis, pola gerakan yang kurang tepat, maupun  gangguan pada struktur kaki.

Apa sih Plantar Fasciitis itu? Plantar Fasciitis merupakan peradangan yang terjadi pada bagian Plantar Fascia, yaitu jaringan dibawah kaki yang membentang dari tumit hingga jari kaki, jaringan ini berfungsi sebagai penyangga telapak kaki dan peredam getaran ketika berjalan.

Terdapat beberapa penyebab tumit sakit setelah berlari, misalnya :

  • Pergelangan kaki yang terlalu banyak bergerak
  • Orang-orang yang memiliki kaki datar (flat feet) atau sebaliknya
  • Telapak kaki mempunyai lengkungan yang tinggi
  • Jenis sepatu

Nyeri tumit kerap hilang timbul  meski sudah mereda, tetapi nyerinya bisa muncul lagi saat berdiri terlalu lama atau bangun mendadak dari posisi duduk.

 

Mengatasi nyeri tumit setelah berolahraga

Penanganan segera mungkin akan membuat nyeri lebih cepat menghilang, jadi lakukan pengobatan segera setelah Anda merasakan gejalanya. Berikut ini caranya :

  • Istirahat dan lakukan peregangan
  • Kurangi peradangan dengan menggunakan kompres dingin dan obat anti peradangan
  • Gunakan bantalan tumit atau sisipan orthotic

 

Mencegah nyeri tumit saat berolahraga

Selain cara-cara mengatasi nyeri tumit diatas, Anda juga dapat mencegah agar nyeri tumit tidak kembali menyerang ketika Anda ingin kembali berolahraga :

  • Ubah pola
    Perhatikan posisi kaki pertama kali menyentuh tanah saat berlari. Kebanyakan orang berlari dengan bertumpu pada kaki belakang yang bisa memicu terjadinya nyeri tumit. Cobalah untuk menggunakan bagian tengah atau depan kaki ketika berlari untuk mengurangi ketegangan.
  • Lakukan peregangan sebelum dan sesudah berolahraga
    Lakukan peregangan sederhana untuk melemaskan otot kaki, pergelangan kaki, serta betis setiap sebelum dan sesudah berolahraga.
  • Pertahankan berat badan ideal, karena berat badan berlebih akan membuat kamu menanggung terlalu banyak tekanan pada tubuh bagian bawah, terutama lutut, pergelangan kaki, dan tumit, terlebih ketika kamu sedang berlari.
  • Kenakan sepatu olahraga yang nyaman, untuk menghindari terjadinya nyeri pada tumit dan cedera kaki lainnya.

Jika Anda sudah melakukan cara-cara di atas tetapi tumit masih saja sakit atau sudah dua minggu tak kunjung sembuh, sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis Orthopedi dan Traumatologi. Dokter akan membantu mencari penyebab dan merekomendasikan terapi sesuai kondisi. Jangan tunda mencari bantuan medis jika nyeri yang dirasakan intensitasnya sangat berat dan membatasi aktivitas Anda berjalan, atau jika disertai kemerahan dan bengkak.

 

Informasi Pendaftaran :

RS. ORTHOPEDI & TRAUMATOLOGI SURABAYA
JL. Emerald Mansion TX 10, Citraland – Surabaya
(031) 57431574 / 57431299
IGD : 082337655500 ext 118

 

 

Referensi :

https://www.healthline.com/health/heel-pain-after-running

https://www.everydayhealth.com/foot-health/care-for-heel-pain.aspx

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/plantar-fasciitis/symptoms-causes/syc-20354846

https://www.halodoc.com/artikel/nyeri-tumit-setelah-berolahraga-ini-cara-mengatasinya

Copyright by Surabaya Orthopedi 2018

WhatsApp Live Chat
MRI Promo Slide 2