Please wait...

AWAS, GADGET BISA GANGGU TUMBUH KEMBANG ANAK

gadget-2.jpg

Memberikan anak waktu bermain dengan gadget terkadang menjadi cara terakhir yang dilakukan orangtua agar anak dapat duduk dengan tenang. Jangan salah, asal dilakukan dengan pengawasan dan pembatasan waktu, ternyata gadget dapat memberikan dampak positif bagi anak-anak. Pengawasan dan pembatasan waktu yang diberikan sangat penting agar anak tidak mengalami keterantungan pada gadget.

Namun, benarkah terlalu sering bermain gadget dapat mengganggu tumbuh kembang pada anak? Penggunaan gadget tanpa pengawasan dan kontrol dari orangtua dikhawatirkan dapat memengaruhi kondisi pertumbuhan balita. Tidak ada salahnya ibu ketahui dampak keseringan main gadget pada pertumbuhan balita serta tips untuk membatasi waktu bermain gadget anak.

Dampak Balita Keseringan Bermain Gadget

Berbagai dampak positif dapat dirasakan anak-anak ketika bermain gadget dalam pengawasan dan disiplin waktu yang diberikan oleh orangtua, seperti meningkatkan kreativitas, menurunkan stres pada anak, menambah pengetahuan, hingga penambahan kosakata yang dimiliki anak-anak. Namun, jika gadget digunakan secara berlebihan, tentunya hal ini dapat memberikan dampak negatif pada buah hati.

Berbagai dampak dapat memengaruhi perkembangan anak yang terlalu sering bermain gadget, seperti:

1.Terlambat Bicara

Umumnya, pada usia 6 bulan bayi sudah mampu untuk mengucapkan beberapa kata dengan vokal yang sama. Namun, terlalu sering bermain gadget dapat menyebabkan anak mengalami speech delay atau terlambat bicara. Anak-anak akan belajar berkomunikasi saat ia berinteraksi dengan orang lain. Saat ia terlalu banyak bermain gadget, tentunya interaksi menjadi berkurang dan anak tidak belajar untuk berkomunikasi dengan baik.

Untuk itu, sangat penting tetap mendampingi anak saat anak bermain gadget. Hal ini dilakukan agar komunikasi dua arah tetap terjalin dan anak dapat belajar berkomunikasi dengan baik.

2.Menghambat Perkembangan Kognitif

Otak bayi akan berkembang sangat cepat setelah ia dilahirkan. Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk menggunakan gadget dapat menyebabkan perkembangan kognitif menjadi terhambat. Perkembangan kognitif mengacu pada tahapan kemampuan seorang anak dalam memperoleh makna dan pengetahuan dari pengalaman serta informasi yang ia dapatkan. Perkembangan kognitif meliputi proses mengingat, pemecahan masalah, dan juga pengambilan keputusan. Saat kondisi ini terjadi, biasanya bayi akan mengalami kondisi gangguan mental yang menyebabkan seorang anak sulit memusatkan perhatian serta gangguan pada pendengaran.

3.Terganggunya Hubungan Sosial

Saat balita dan gadget tidak dapat dipisahkan kondisi ini dapat mengganggu kemampuan anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Anak akan kesulitan untuk membangun ikatan emosi dengan orangtua atau kerabat dekatnya karena mengalami kecanduan pada gadget.

4.Gangguan pada Perkembangan Fisik

Terlalu sering bermain gadget dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan fisik anak. Hal ini disebabkan kurangnya aktivitas yang dilakukan anak. Tidak hanya itu, berbagai gangguan kesehatan juga dapat dialami anak ketika terlalu sering bermain gadget, seperti obesitas dan gangguan pada mata.

Itulah beberapa dampak yang dapat terjadi ketika anak terlalu sering bermain gadget. Oleh karena itu, batasi penggunaan gadget pada anak. Tidak hanya itu, penggunaan gadget pada anak sebaiknya selalu dibawah pengawasan orangtua.

Tips Cegah Penggunaan Gadget Berlebih pada Anak

Ada beberapa cara yang bisa orangtua lakukan untuk menghindari penggunaan gadget yang berlebih pada anak, seperti menghindari penggunaan gadget pada anak saat makan, hindari berikan anak gadget beberapa saat sebelum anak tidur, dan ajak anak untuk beraktivitas fisik di luar ruangan, karena akan meningkatkan endorphin dan berdampak baik pada kesehatan maupun suasana hati Si buah hati.

Tidak hanya itu, sebaiknya orangtua juga membatasi penggunaan gadget saat bersama anak-anak. Dengan begitu, orangtua dapat mengajak anak berkomunikasi sehingga anak dapat menghindari gadget.

 

Sumber:

https://www.liputan6.com/health/read/2137227/awas-gadget-bisa-ganggu-tumbuh-kembang-anak

https://www.halodoc.com/artikel/keseringan-main-gadget-bisa-memengaruhi-pertumbuhan-balita#:~:text=Terlalu%20sering%20bermain%20gadget%20dapat%20menyebabkan%20gangguan%20pada%20perkembangan%20fisik,obesitas%20dan%20gangguan%20pada%20mata.

 

Copyright by Surabaya Orthopedi 2021

WhatsApp Live Chat