Please wait...

Kifoplasty, Penanganan Terbaru pada Patah Tulang Belakang, Dapat Beraktifitas Lagi dalam 24-48 jam

November 27, 2019 by Marketing RSOT Surabaya
kipo-1200x675.jpg
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Fraktur kompresi atau patah tulang belakang adalah salah satu jenis patah tulang yang kerapkali terjadi pada penderita osteoporosis. Salah satu metode penanganan terbaik untuk fraktur kompresi adalah dengan teknik kifoplasti. Bagaimana mekanisme penanganannya?

Teknologi kedokteran terus bergerak dinamis mengikuti perkembangan dan kebutuhan penanganan yang lebih baik. Pada kasus-kasus terdahulu, pasien fraktur kompresi atau patah tulang belakang umumnya akan ditangani dengan pemberian analgetik atau obat anti nyeri, penggunaan brace/korset, hingga tirah baring lama. Hal tersebut dilakukan karena pasien fraktur kompresi akan mengalami rasa nyeri yang hebat dan jelas mengganggu aktifitas.

Namun, terapi konvensional atau non-operatif seperti di atas membutuhkan waktu yang cukup panjang, dan pada beberapa kasus tergolong tidak efektif karena tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Kemudian muncullah teknologi baru untuk mengatasi fraktur kompresi tersebut, yakni Vertebroplasti dan Kifoplasti yang merupakan tindakan mengoreksi deformitas dan mengembalikan bentuk tulang belakang. Secara umum, Vertebroplasti dan Kifoplasti adalah tindakan menyuntikkan semen pada tulang belakang yang mengalami fraktur untuk mengembalikan bentuknya.

Bedanya, Kifoplasti melibatkan penggunaan balon khusus untuk memberikan ruang pada tulang belakang yang kolaps akibat fraktur kompresi dan kemudian mengisinya dengan semen tulang. Balon tersebut berfungsi agar semen yang disuntikkan tidak meluber ke bagian lain yang tidak diperlukan.

”Pasien akan diminta untuk berbaring terlentang selama satu hingga dua jam setelah tindakan dan akan membutuhkan waktu selama 24 jam untuk memberikan waktu agar semen mengeras,” terang dr. Carlos Gracia Binti, Sp. OT (K). ”Rata-rata pasien yang menjalani Kifoplati akan mengalami penurunan rasa nyeri hingga 90 persen, hanya dalam waktu 24-48 jam atau dua hingga empat hari pasca operasi.”

Dilanjutkan oleh dr. Carlos, Kifoplasti merupakan teknik terbaru dalam penanganan fraktur kompresi atau patah tulang belakang. Tindakan ini dapat dilakukan di rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap dan memadai untuk operasi tulang belakang, seperti halnya di Rumah Sakit Orthopedi dan Traumatologi (RSOT) Surabaya. Pun, sangat direkomendasikan bahwa tindakan ini dilakukan oleh dokter bedah tulang dengan sub-spesialisasi tulang belakang (spine).

Kifpoplasty

Gunakan Hidroksiapatit untuk Pengganti Semen Tulang

Teknologi kedokteran untuk penanganan fraktur kompresi atau patah tulang belakang tak hanya berhenti pada teknis Kifoplasti yang menggunakan balon khusus agar semen tak meluber. Namun, material yang disuntikkan untuk mengoreksi deformitas atau mengembalikan bentuk tulang juga menjadi concern para ahli spine atau tulang belakang.

Seperti yang juga disampaikan oleh dr. Carlos di hadapan ahli spine dari seluruh negera-negara Asia Pasific pada acara Pacific Asia Spine Society Minimal Invasive Surgery (PASSMIS) 2016 di Bali. Kini para dokter Spine mulai menggunakan material hidroksiapatit yang memiliki banyak keunggulan sebagai material untuk mengisi tulang belakang, dibanding semen tulang. ”Hidroksiapatit ini belum banyak dipakai dan baru digunakan oleh beberapa ahli spine di beberapa spine center seperti Jepang dan beberapa negara lainnya. Namun, Penggunaan hidroksiapatit ini juga sudah diaplikasikan di RSOT,” terang dr. Carlos.

Pada event PASSMIS 2016 tersebut, dr. Carlos juga telah melaporkan beberapa penanganan yang dilakukannya dengan menggunakan hidroksiapatit dan memberikan hasil yang baik pada pasien fraktur kompresi. ”Material hidroksiapatit ini lebih menyerupai tulang. Hingga saat ini, para ahli spine terus melakukan proses untuk mencari material yang paling baik untuk tulang belakang. Dan sampai saat ini, komposisi hidroksiapetit ini yang paling mirip dengan tulang,” terang dr. Carlos.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Copyright by Surabaya Orthopedi 2018

WhatsApp Live Chat